Minggu, 11 Desember 2011

Susu dan Yogurt


            Ya kedua jenis minuman ini adalah minuman yang paling saya suka semenjak kecil, dan sekarang pun sudah menjadi kebiasaan setiap pagi. Kalo misalkan perut saya agak-agak ga enak rasanya, saya selalu minum yogurt, kalo ga ada ya susu aja. Setelah itu pasti insya Allah rasa ga enak di perut saya berkurang. Dari dulu sih saya taunya yogurt itu hasil fermentasi dari susu menggunakan Bakteri baik. Makanya rasanya agak sedikit lebih asam sari susu. Tapi ternyata setelah saya Googling, kedua minuman yang mempunyai Zat yang dibutuhkan oleh tubuh ini sangat berbeda kandungannya. 






Kandungan yogurt lebih bagus daripada susu karena bakterinya, tapi yang jelas ini bukan sembarang bakteri. Bakteri yang ada di yogurt ini bisa membantu mengatasi gangguan perut dan infeksi jamur (pantesan kalo lagi sakit perut trus minum yogurt jadi enakan, gara-gara ini toh, haha). Ga Cuma itu, ternyata yogurt juga rendah lemak, jadi enggak bikin gemuk kaya susu. Kalo mau di bandingin ssama susu sih, setiap cangkir yogurt itu mengandung kalsium 70 mg lebih banyak dibandingkan susu. Selain itu, yogurt juga dilengkapi protein yang bisa kita jadiin pilihan untuk cemilan yang mengenyangkan. Nah kalo susu, biasanya bisa diperoleh langsung dari hewan-hewan, biasanya sih sapi, unta, kambing, atau hewan-hewan ternak lainnya. Atau bisa juga diperoleh dari kedelai atau kacang hijau. Tapi tunggu dulu, ga kaya yogurt nih, susu sama sekali ga ada rasa asam (kalo asam berarti basi). Kandungan lemaknya pun jauh lebih tinggi, jadi bisa bikin cepet gemuk loh. Jenis susu tadi itu ada tapi tertentu aja misalkan susu fullcream, baru tuh bisa bikin tubuh kita jadi lebih berisi. 


Nah ini kira-kira hasil analisis perbandingan kandungan gizi Susu dan Yoghurt Tamine dan Robinson (1985) disajikan pada Tabel 1, 2 dan 3 (hasil Googling). Dan ternyata memang benar Yogurt itu lebih baik dari Susu (dalam hal kandungan Zat masing-masing).

  • Kandungan Gizi Susu dan Yoghurt tiap /100g.
No. Kandungan(Unit/100g) Susu --- Yoghurt
  1. 1 Kalori 67,5 --- 72
  2. Protein (g) 3,5 --- 3,9
  3. Lemak (g) 4,25 --- 3,4
  4. Karbohidrat (g) 4,75 --- 4,9
  5. Calsium (mg) 119 --- 145
  6. Sodium (mg) 50 --- 47
  7. Potasium (mg) 152 --- 186
  • Kandungan Vitamin Susu dan Yoghurt tiap /100 g.
No. Vitamin Susu --- Yoghurt
  1. Vitamin A (IU) 148--- 148
  2. Thiamin B1 (mg) 37 --- 30
  3. Riboflavin B---2 (mg) 160 --- 190
  4. Pyridoxine B---6(mg) 46 --- 46
  5. Cyanocobalaime B---12 (mg) 0,39 --- 0,33
  6. Vitamin C (mg) 1,5 --- 0,7

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management
Cool Red Outer Glow Pointer