Minggu, 11 Desember 2011

Aplikasi Jurnal Pembukuan Jual-Beli Pulsa


Ide awalnya begini, jadi waktu itu ceritanya saya punya keinginan untuk mempunyai Bisnis Pulsa kecil-kecilan sendiri, dan tiba-tiba keesokan harinya Om saya menawarkan untuk bekerja sama, sayapun meng-iyakan ajakan beliau. Nah melihat pencatatan transaksi yang cukup banyak, jauh hari sebelum memulai "jual-beli" kecil-kecilan ini, saya telah mencoba membuat beberapa aplikasi untuk mencatat transaksi saya nantinya. Dan pilihan saya pun jatuh pada Ms. Excel, karena ini lah yang paling mudah menurut saya. Berhari-hari dan berbagai macam jenis jurnal telah saya coba, namun masih saja ada beberapa kekurangan dalam pencatatan yang saya buat. Sempat menyerah sebentar, lalu saya mencoba Googling siapa tahu ada orang lain yang telah membuat Aplikasi Pencatatan ini, sulit sekali menemukannya tapi saya mendapatkan 1 dan bisa anda lihat DISINI. Namun setelah saya download dari situs tersebut dan saya install ternyata error, haaah.... lalu saya istirahat sebentar. Tidak berapa lama, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan Jurnal yang saya buat di Excel, dan Alhamdulillah jurnal yang saya ingin kan selesai.
            Disini saya akan mencoba untuk berbagi Jurnal ini dengan teman-teman yang mungkin juga sekarang sedang menjalani Usaha kecil-kecilan pulsa ini. File yang saya buat kecil sekali kapasitasnya, tidak lebih dari 70Kb. Dan juga terdapat dalam 2 versi Excel, yaitu Excel 2003 dan Excel 2007. Dan begini lah kira-kira tampilannya.



            Saya coba membuat Jurnal Pencatatan Transaksi di atas sedetail-detailnya, sampai berapa jumlah uang yang akan di pegang pun saya buat. Untuk jaga-jaga saja, karena siapa tahu saya atau pun anda yang nantinya ingin memakai ini terkadang suka lupa. Dan berikut adalah penjelasan dari Gambar di atas.


  • KETERANGAN : berisi transaksi apa saja yang terjadi, dengan format PK(Pulsa Keluar) / UM(Uang Masuk)_NamaPembeli_JenisKartu_JumlahPulsa. (PK digunakan untuk mencatat ketika Costumer membeli dan UM digunakan ketika Costumer membayar. Jadi Insya Allah tidak akan terlupa tanggal berapa, siapa saja, berapa jumlah pulsa yg di beli)
  • BLOCK HITAM & BLOCK MERAH : BLOCK HITAM berisi tahun Transaksi (karena saya mulai di akhir tahun, tidak dipakai tidak apa apa), & BLOCK MERAH berguna untuk menandakan Transaksi Awal Bulan. (mungkin ada merasa Transaksi setiap bulan harus dipisah, boleh-boleh saja)
  • KOLOM PULSA_MASUK : berguna untuk mencatat SALDO PULSA yang masuk dari Penjual Saldonya.
  • KOLOM PULSA_KELUAR : kolom ini di isi jika ada transaksi berawalan PK, dan berguna untuk mencatat SALDO PULSA yang keluar saat menjual ke Costumer. (Contoh : Costumer membeli pulsa esia 10rb, dan harga dari atasan 10.025, maka yg di catat adalah yang 10.025)
  • KOLOM UANG_BAYAR : kolom ini di isi jika ada transaksi berawalan UM, dan berguna untuk mencatat costumer yang telah membayar.
  • KOLOM UANG_JUAL : kolom ini juga di isi jika ada transaksi berawalan PK, dan kolom ini di isi bersamaan dengan KOLOM PULSA_KELUAR, karena kolom ini mencatat berapa nominal pulsa yang akan kita jual.
  • KOLOM UANG_DEBET : kolom ini berisi JUMLAH UANG ANDA SENDIRI yang masuk ke KAS. (misalkan anda menyiapkan modal uang receh untuk kembalian sejumlah 50.000)
  • KOLOM UANG_KREDIT : kolom ini berisi jumlah uang yang keluar dari KAS anda. (misalkan untuk membayar SALDO yang anda pesan dari atasan anda)
  • KOLOM UANG_FEE : kolom ini TIDAK PERLU anda isi, dia akan otomatis mengisi sendiri karena kolom ini telah saya beri Formula untuk menghitung berapa keuntungan yang anda dapat dari KOLOM UANG_JUAL dikurangi KOLOM PULSA_KELUAR.



            Untuk gambar diatas, ada beberapa kotak dimana anda tidak perlu mengisinya. Mereka akan otomatis mengisi sendiri karena saya juga telah memberikan Formula untuk mereka menghitung. Dan dari gambar di atas, anda tidak perlu pusing lagi menghitung berapa Jumlah Uang anda, Jumlah Saldo, berapa jumlah yg telah di bayar dan lain-lain. Karena saya telah membuatnya sedetail mungkin. Dan berikut beberapa penjelasan untuk setiap KOTAK yang akan anda isi :
  • TOTAL BAYAR : berisi total uang costumer yang telah membayar.
  • TOTAL JUAL : berisi total NOMINAL PULSA yang kita jual. (kotak dibawahnya telah saya beri Formula, dan akan memberi tahu ada atau tidaknya costumer yg belum membayar jika ada yang mengutang dan berapa jumlahnya)
  • TOTAL UANG KAS warna BIRU : berisi jumlah KOLOM UANG_DEBET+KOTAK TOTAL BAYAR-KOTAK TOTAL UANG KELUAR, sedangkan TOTAL UANG KAS warna ORANYE : berisi TOTAL uang 500an sampai uang 100.00an yang ada di kas kita, kedua kotak ini harus seimbang nominalnya, jika tidak berarti ada kesalahan dalam pencatatan anda.
  • TOTAL UANG PRIBADI : berisi total uang pribadi anda yang mungkin menjadi modal untuk kembalian, yang berasal dari TOTAL UANG DI KAS-TOTAL BAYAR
  • TOTAL UANG PRIBADI : berisi total uang anda yang keluar dari kas anda, yang berasal dari jumlah KOLOM UANG_KREDIT.
  • TOTAL UANG 500 sampai dengan 100.000 : anda tinggal mengisi di kotak sebelah kiri berapa KEPING tau LEMBAR kah uang yang ada di kas anda, dan kembali semua akan otomatis terhitung berapa jumlahnya di TOTAL UANG KAS warna ORANYE. (setiap kotak saya bedakan warnanya sesuai dengan warna asli nominal uang masing-masing)
Semoga apa yang  saya bikin bisa sedikit membantu Bisni kecil-kecilan anda, jika anda tertarik bisa download dan silahkan klik link download di bawah. Jika Link sudah broken anda bisa hubungi saya melalui Facebook atau Twitter saya (lihat di pojok kanan atas). Terima Kasih telah berkunjung. ☺
KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD 

53 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih banyak gan, dikirain cuma ane yang kebingungan bikin pembukuan hehehe

Davit4green mengatakan...

mantap gan keren..mksh bnyk..berguna bnget..

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas file jurnalnya. Semoga Tuhan membalas kebaikan Anda.

Abdurachim mengatakan...

terima kasih jurnalnya

Unknown mengatakan...

kalo di kotak TOTAL UANG PRIBADI min itu gimana ?
caranya biar gak jadi min gimana ?
kalo ada Saldo Masuk di tulis juga di Kolom PULSA MASUK dan ditulis juga di Kolom UANG KREDIT ?
untuk beli keperluan pribadi berarti dari Kolom TOTAL FEE ya kita boleh ambil ?

Unknown mengatakan...

kenapa Kolom Total Uang Pribadi = TOTAL UANG DI KAS-TOTAL BAYAR...
kolom Total Uang Pribadi khan untuk modal untuk kembalian aja ?
mohon di jlskan..

sebelumx sy ucapin makasih jurnalnya. :P

Unknown mengatakan...

hasil perhitungannya sama / gak ya ?
kalo misal, saat PK berarti da costomer yang beli dan belum bayar.
kalo udah bayar, PK itu di ganti UM, yang semula kolom UANG BAYAR kosong krn udah bayar ditulis nominalnya.

Unknown mengatakan...

Saya yg punya blog, cuma lupa password login blog ini -__-"
Iya sama sama semuanya, semoga bermanfaat ya. Kalo ada bugs (ceilah ginian doang bugs) kasih tau aja, atau bisa di share.

AYU MARTA :
Iya memang UANG PRIBADI itu yg uang untuk modal kembalian, makanya dibikin kolomnya sendiri biar gak bingung, soalnya itu kolom UANG PRIBADI hasil dari TOTAL UANG DI KAS - TOTAL YANG BAYAR PULSA, nah sisanya itu berarti UANG PRIBADI KITA :D

Wah kalo PK sama UM di ganti malah kayanya sih hitungannya salah nanti, soalnya kalo ada PK/Pulsa Keluar (yang ngutang) harus ada UM/Uang Masuk (yang bayar juga) biar balance :D

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak gan, akhir'a ketemu jg yg ane cari,,,,

Unknown mengatakan...

makasih banyak gan sebelumnya.

kalo PK udah bayar terus tulisnya dikolom mana gan ?
maaf newbie

Unknown mengatakan...

PK(pulsa keluar) kan ditulisnya kan di KOLOM JUAL, kalo ada PK itu harus ada UM.

Nah UM ini di tulisnya di KOLOM BAYAR.
biar seimbang hehe

Rahmat mengatakan...

agak bingung,,,, file ini untuk yg penjualan pulsa deposit atau pulsa elektrik (m-Kios)

Unknown mengatakan...

Mungkin lebih ke pulsa elektrik, karena pencatatan nya yg diatas ini di sediakan untuk yg elektrik begitu.

Unknown mengatakan...

terimakasih gan ini yg di cari2, ijin download gan

Unknown mengatakan...

sbelum,a makasih gan. atas jurnal,a .
. saya mau tnya ?
waktu jurnal,a sya jalankan sih gak ada msalah .
tp stelah saya isi kolom uang kredit krna sya beli saldo . kok kolom uang pribadi sya jd (-) minus . itu knpa ya ?

Unknown mengatakan...

wah kalo ini buat chip all aja. Kalo setiap provider memiliki 1 chip dgn nominal pulsa dan stock yg berbeda maka akan lebih rumit pembuatanx. Btw ane juga lg buat di excel. Saya buat tinggal mengisi sisa stock dan stock masuk setiap nominal pulsa. Tapi lum kelar, coz msh bnyk variable yg blum ke input dan rumus yg tepat. Ganbate. . .

Unknown mengatakan...

TOTAL UANG KAS warna BIRU : berisi jumlah KOLOM UANG_DEBET+KOTAK TOTAL BAYAR-KOTAK TOTAL UANG KELUAR, sedangkan TOTAL UANG KAS warna ORANYE : berisi TOTAL uang 500an sampai uang 100.00an yang ada di kas kita, kedua kotak ini harus seimbang nominalnya, jika tidak berarti ada kesalahan dalam pencatatan anda.

INI yang paling saya ga ngerti..perasaan ga mungkin sama nilainya.. kan kalu yang bayarnya kontan PK ditulisnya di kolom bayar sama jual iya kan???
trus total uangkas warna biru total keseluruhan sedangkan warna oranye cuman uang kembalian..
gimana gan...saya jadi beda

Unknown mengatakan...

sebelumnyah makasi nih jurnal'a .
oh iya gan, saya cuma mau tanya ajja, qllo ada saldo masuk itu cara penghitungannya bagaimana ya biar saldo juga ikut brkrang pas pulsa keluar, ythanks

romanzah mengatakan...

Silahkan didownload aplikasi penjualan pulsa berbasis android

http://aplikasipenjualanpulsaandroid.blogspot.com/2014/06/aplikasi-penjualan-pulsa.html

Unknown mengatakan...

mantaps gan,,

Emil Fauziyah mengatakan...

Terima kasih atas jurnalnya, bermanfaat banget, semoga Tuhan membalas kebaikan Anda.

Unknown mengatakan...

Mkasih banyak tuan,,,,,artikel yg sangat membantu,,,,,sembah nuwun,,,,

azka azkia mengatakan...

makasih gan tas info nya mohon download yh aplikasinya ...

Unknown mengatakan...

sya mwu tanya kyaknya ad yg janggal sya masih bingung..

Unknown mengatakan...

sya mwu tanya kyaknya ad yg janggal sya masih bingung..

Unknown mengatakan...

trimakasi buanyak ya gan, amat sangat membantu sekali,,,,
tadinya mau bikin sendiri tapi pusing buanget,,,,
makasi ya dah di share gratis,,, gbu,,,

miguppisumberwulan.com mengatakan...

JOS GANDOS APLIKASINYA, SaNGaT BERMANFAAT

Unknown mengatakan...

untuk uang keluar masuk mana?

Unknown mengatakan...

sudah di download tapi tdk bisa dibuka gan. Kenapa ya??

Unknown mengatakan...

kok total yang di uang kas beda ya gan? kan saya udh isi yang kedua kali trus yg di uang kas biru kok gx berkurang ya?salahnya dimana? oh ya fungsi dari FEE ap gan? tolong di jawab ya....
Trims...

Nugek mengatakan...

Matur suwun gan, sangat bermanfaat bagi saya.

Unknown mengatakan...

joos bang, matursuwun

Unknown mengatakan...

ilmu yang bermanfaat,terimakasih sobat

Teknik mengatakan...

BAGI YANG MASIH MINUS DI TABEL SUDAH BAYAR SEMUA ATAU BELUM
=IF(M9=N9;"SUDAH BAYAR SEMUA";"ADA YANG BELUM BAYAR") DI RUBAH MENJADI

=IF(M9:N9;"SUDAH BAYAR SEMUA";"ADA YANG BELUM BAYAR") KARENA = BERARTI MENYAMAKAN HASIL DARI M9 DAN MENJADI N9 DAN BERUBAH MINUS
JIKA MEMAKAI TANDA TITIK DUA (:) BERARTI TANDA MEMISAHKAN ANTARA KOLOM

antono arif atmojo mengatakan...

Sangat membantu, semoga memberikan manfaat bagi yang menulisnya juga.

Unknown mengatakan...

aku mau download ga bisa bro...idm dimatikan katanya dlayar monitor, apaan sih idm itu dan bagaimana cara mengatasinya? thank sebelumnya, maklum masih gaptek

Herdi mengatakan...

gan boleh tahu. gimana buatnya. saya pingin bisa buat yang kaya gitu

ShommEX69 mengatakan...

TERIMA KASIH GAN SANGAT MEMBANTU

Unknown mengatakan...

BELI & BAYAR ONLINE LANGSUNG DARI HPMU, Ayo gabung dengan 900+ member Serba Bayar lainnya di bit.ly/daftarsb

Unknown mengatakan...

makasih banyak kaaa sangat bermanfaat. tapi bia buatdi exel android ga ya?

Unknown mengatakan...

Izin download gan,trm ksh aplikasi nya.

SYAFRI mengatakan...

Software Akuntansi dan Laporan Keuangan lengkap.
Langsung aja dicoba klik -> Download Software Akuntansi

Manajemen TheCash mengatakan...

Terima kasih Infonya yg lengkap, apakah ada Macam Software Akuntansi Yang Mudah ?

Unknown mengatakan...

Makasih gan contoh jurnalnya .
Bytheway disini bisa tolong infoin untuk mengisi formula yang TOTAL itu , maklum belum pinter pakai excel.

Unknown mengatakan...

Terima kasih telah berbagi file jurnalnya Gan. Sebelumnya saya bingung gimana cara buat jurnalnya. Alhamdulillah T O P

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mba.. mba bisa dibuka file jurnalnya?
Sy sdh download tapi file gabisa dibuka yaa :(

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mba.. mba bisa dibuka file jurnalnya?
Sy sdh download tapi file gabisa dibuka yaa :(

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mba.. mba bisa dibuka file jurnalnya?
Sy sdh download tapi file gabisa dibuka yaa :(

Unknown mengatakan...

Total uang kas di kolom biru,,klo sya ga pke uang pribadi buat angsukan gmn?

Biawak PKU mengatakan...

Gimana buat formulanya gan...????
Kalau bisa sekalian gan...
Maklum lah belum ahli microsoft exel

Biawak PKU mengatakan...

Gimana buat formulanya gan...????
Kalau bisa sekalian gan...
Maklum lah belum ahli microsoft exel

randy mengatakan...

Trima Kasih..... ternyata mudah.... tinggal input aja....

Unknown mengatakan...

Terimakasih, Sangat Bermanfaat :)

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management
Cool Red Outer Glow Pointer